large image
Hubungi Kami
Jalan Samratulangi No. 2-3,Kota Manado, Telp. : (0431) 850677
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 143946 user
  • IP address : 54.158.214.111
Ruang Diskusi
Link Terkait
Link Mitra
Cara Mudah Melindungi Diri dari Predator Online
Kategori Berita | Diposting pada : 04-06-2015 -|- 08:24:00 oleh hsirait(Dosen)
Share this article on

Kemajuan internet dan media sosial saat ini membuat segala sesuatu sangat mudah ditemukan. Fitur photo tagging membuat banyak wajah dapat dikenal secara cepat. Geo tagging membuat lokasi seseorang dapat diketahui oleh orang lain tanpa harus permisi. Tidak aneh karenanya kemudian banyak kejahatan bermula dari informasi yang diproleh sangat mudah melalui internet.


Predator onine atau penjahat dunia maya banyak sekali bergantung kepada informasi yang mereka peroleh secara cuma-cuma dan sangat mudah melalui banyak fitur yang tersedia gratis di internet. Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah para pengguna tidak sadar atau aware dengan kemungkinan kejahatan yang bisa menimpa mereka karena aktivitas di internet dan atau media sosial.


Untuk itu, anda perlu melindungi diri anda dari kemungkinan dimangsa oleh predator online, yang setiap hari tampaknya semakin meningkat. Cara berikut ini dapat anda terapkan dengan mudah.


1. Batasi Berbagi


Tidak semua hal harus anda bagi di internet dan atau media sosial. Anda harus membatasi diri untuk tidak membagi segala macam hal tentang hidup anda di internet/media sosial. Hal ini juga termasuk kepada siapa anda membagi segala sesuatu di internet/media sosial. Bagilah hal-hal yang bersifat sangat pribadi dengan orang yang anda percayai dan kenal di dunia nyata. Jangan berbagi sesuatu dengan banyak orang/publik. Hal ini berisiko informasi tersebut digunakan orang jahat untuk melakukan kejahatan terhadap anda.


2. Waspada terhadap Sesuatu yang Terlalu Baik Untuk Jadi Kenyataan


Banyak sekali anda temukan tawaran perkenalan atau janji bertemu di internet terutama terhadap perempuan dan anak-anak. Perkenalan dan janji bertemu tersebut dibumbui oleh tawaran yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan, misalnya mentraktir berbelanja, makan-makan, atau mengaku teman baik dari teman atau bahkan ingin menjadi pasangan hidup anda. Percayalah, kebanyakan tawaran tersebut bohong dan biasanya berakhir dengan kasus kejahatan, misalnya penculikan atau bahkan pemerkosaan atau malah dibunuh. Sudah banyak kasus perkenalan melalui Facebook yang berakhir dengan kejahatan. Waspadalah!


3. Hindari/Matikan Fitur Pengenal Wajah dan Geo Tagging


Fitur pengenalan wajah banyak membantu anda mengetahui siapa saja yang ada di sebuah foto. Namun fitur ini berpotensi membagi foto anda ke banyak orang yang membuat anda berisiko dikenal oleh predator online. Selain itu, anda juga harus mematikan di pengaturan privasi (terutama di Facebook) fitur agar wajah anda tidak bisa dikenali melalui fitur foto tagging tersebut. Hal ini penting karena melalui foto, banyak predator online mengindentifikasi korban mereka.


Selain itu, fitur location tagging membuat lokasi keberadaan anda dapat dengan mudah diketahui. Anda harus membatasi membagi lokasi di mana anda biasanya berada setiap hari (lokasi tetap) karena dengan mengetahui lokasi tetap anda predator online dapat mengidentifikasi kapan waktu untuk melakukan kejahatan terhadap anda.


Dengan tiga tips tersebut di atas, anda bisa meningkatkan keamanan diri anda di internet. Percayalah bahwa mencegah lebih baik daripada menjadi korban predator online



Baca Juga Berita Lainnya
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK