large image
Hubungi Kami
Jalan Samratulangi No. 2-3,Kota Manado, Telp. : (0431) 850677
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 138717 user
  • IP address : 54.81.8.73
Ruang Diskusi
Link Terkait
Link Mitra
Ancaman Privasi Fitur Foto Tagging Twitter
Kategori Berita | Diposting pada : 04-06-2015 -|- 08:43:00 oleh hsirait(Dosen)
Share this article on

Twitter secara resmi mengumumkan bahwa mereka menambahkan fitur Photo Tagging ke dalam layanannya. Tentu saja fitur ini makin mempermudah pengguna melakukan tag foto sehingga foto tersebut lebih sosial karena hanya dengan melakukan tag, mereka yang ada di foto tersebut akan memperoleh pemberitahuan bahwa mereka ada di sebuah foto.


Sayangnya, fitur foto tagging ini bisa saja mengancam privasi pengguna Twitter. Hal ini tidak lain karena Twitter secara default meletakkan pilihan fitur foto tagging pada Allow Anyone to Tag Me on Photos. Dengan menjadikan opsi ini sebagai default, pengguna bisa saja diumbar privasinya dan tidak tahu bahwa mereka sebenarnya membiarkan diri mereka di-tag oleh pengguna Twitter lainnya.


Selanjutnya, bisa saja fitur foto tagging ini disalahgunakan. Tidak lain karena pengguna Twitter kurang awas bahwa secara default mereka “bersedia” di-tag dalam sebuah atau beberap foto yang diupload pengguna lain di Twitter.


Opsi default terhadap foto tagging ini sama seperti fitur Tweet Location. Secara default, Twitter memberikan lokasi yang ter-attach via tweet yang dilakukan pengguna. Jika pengguna tidak awas, hal ini sangat mengancam privasi pengguna.


Untuk itu, perlu kiranya pengguna Twitter memperbaiki pengaturan Security and Privacy sesegera mungkin. Silahkan klik Setting, lalu Security and  Privacy, kemudian pilih opsi yang lebih baik untuk foto tagging, misanya Only Allow People I Follow to Tag Me on Photos atau pilihan yang lebih baik lagi, yaitu Do Not Allow Anyone to Tag Me on Photos. Untuk menghilangkan lokasi saat anda melakukan Tweet, cukup hilangkan centang pada Add a Location to My Tweets.



Baca Juga Berita Lainnya
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK